20 Oct 2018, 9:04 WIB | Headline, Pojok Kampus

Seminar Nasional Bersiap Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Pada hari selasa 16 Oktober 2018 bertempat di Platinum Cineplex Theater 3 Citimall Baturaja telah diselenggarakan Seminar Nasional “Bersiap Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” yang diselenggarakan oleh kampus AMIK AKMI Baturaja, dengan pembicara Dr. Yudi Darma, S.Si., M.Si (Dosen ITB), dengan Pujianto, S.Kom., M.Cs (Direktur AMIK AKMI Baturaja). Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Drs. H. Johan Anuar, SH., MM, Ketua DPRD Ogan Komering Ulu Zaplin Ipani, SE dan Ketua Yayasan Pendidikan Mitragama Baturaja Putu Putrayasa.

Acara yang diselenggarakan oleh bagian PPSDM ini dihadiri oleh ratusan peserta yang antusias mendengarkan dan mengikuti materi dari pukul 08.00 hingga selesai. Seminar yang dibuka oleh Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Drs. H. Johan Anuar, SH., MM ini membahas tentang persiapan menghadapi Industri 4.0, diantaranya adalah fokus dengan meningkatkan skill.  Revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Bahkan revolusi industri generasi keempat ini telah dibicarakan dan gaungnya semakin nyaring terdengar di Indonesia.

Dalam paparannya, Dr. Yudi Darma, S.Si., M.Si  mengatakan “Jenjang D1, D3, S1, dan seterusnya adalah level pendidikan saja, Anda jangan down atau minder dengan level pendidikan, Anda punya peluang/kesempatan yang sama. Level pendidikan hanya berbeda karena Ijazah, kemampuan Anda bisa melebihi mereka nanti”.

“Ada perubahan paradigma belajar dizaman sekarang, dulu waktu lahir (kecil) Anda bermain, kemudian Anda belajar pada saat sekolah dan kuliah, setelah lulus kuliah kemudian bekerja, lalu pensiun. Sekarang sudah berubah, Anda secara paralel musti bisa bermain, bisa belajar, bisa bekerja” jelasnya.

Dari seminar ini diharapkan peserta kelak akan siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang sudah dimulai dari sekarang.